Tips Melakukan Cash On Delivery (COD)




COD atau Cash On Delivery adalah metode jual beli online yang dilakukan dengan cara bertemu langsung antara pembeli dan penjual ditempat yang sudah disepakati oleh kedua pihak. Metode ini lebih aman daripada menggunaka system transfer uang terlebih dahulu. Kenapa begitu? Karena dengan metode COD kita bisa memastikan kondisi barang tersebut secara langsung dan untuk membuktikan bahwa penjual tidak berbohong tentang barang yang diiklankan, jika barang benar benar cocok maka pembeli bias langsung membayar barang tersebut namun apabila barang yang diiklankan tidak sesuai dengan iklannya maka kita bisa langsung menolaknya.

Namun metode ini juga banyak disalah gunakan misalnya tindakan Kriminal, alangkah baiknya kita berhati hati ketika ingin COD. 


Maka dari itu saya akan membahas beberapa tips aman untuk melakukan COD.

1. Pastikan Identitas Penjual dan Pembeli
Ini untuk memastikan jika penjual dan pembeli benar-benar tidak menipu, hal yang perlu dipastikan adalah nama asli, alamat rumah, nomor telepon. Hal itu untuk jaga-jaga jika barang yang kita beli ternyata palsu, dengan begitu kita bisa langsung menghubungi penjual dan mengembalikan barang tersebut.

2. Jangan Melakukan COD Sendirian
Maraknya tindakan kriminal di Indonesia alangkah baiknya kita berhati – hati apalagi melakukan transaksi COD sendirian sebaiknya itu dihindari guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Alangkah baiknya saat melakukan COD kita mengajak teman, guna mengajak teman adalah bisa sebagai saksi transaksi agar tidak terjadi penipuan maupun perampokan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pilih Tempat
Pilihlah tempat COD yang aman demi keamanan masing-masing pihak. Tips memilih tempat yang aman untuk COD:
  • Pilih tempat yang tidak sepi, untuk menghindari tindakan kriminal,
  • Pilih tempat yang terlalu ramai, ramai dalam artian tidak terlalu banyak orang lalulalang di sekitar tempat tersebut, sama juga untuk menghindari tindakan criminal juga,
  • Dan ini tempat yang serasa aman untuk COD
  • Di tempat makan atau cafe knapa? Sekalian kita menunggu orangnya kita juga bisa makan dulu atau sekedar minum,
  • Di tempat parkir yang ada cctv nya,
  • Jika ingin COD di pinggir jalan pilihlah didekat POS POLISI dan ada polisi yang berjaga di pos tersebut  itu lebih aman dari pada didepan rumah orang. 

Itu beberapa tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Dan jika pembeli ingin berbelanja di Online Shop pilihlah Online Shop yang resmi dan terpercaya dan juga memiliki reputasi baik agar kita aman saat melakukan transaksi secara online karena, Online Shop yang resmi akan memberikan garansi jika barang yang diterima kurang sesuai atau barang dalam kondisi cacat saat pengiriman.

Pada intinya jika kita ingin melakukan transaksi hal yang terpenting adalah kita harus berhati-hati apapun itu jenis transaksinya, alangkah baiknya “sedia payung sebelum hujan”.


1 Response to "Tips Melakukan Cash On Delivery (COD)"

pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel yang dibaca, dan gunakan bahasa yang sopan
^__^